KegiatanKesiswaanProgram

Sosialisasi Program Pemanfaatan Website untuk Optimalisasi Literasi Digital

Payakumbuh, 6 April 2024. Pada kegiatan upacara hari ini dilakukan sosialisasi kepada seluruh peserta didik tentang Program Pemanfaatan Website untuk Optimalisasi Literasi Digital peserta didik. Tiga kemampuan yang diharapkan meningkat pada peserta didik adalah kemampuan literasi, numerasi dan peningkatan karakter. Secara sederhana, kemampuan literasi adalah kemampuan membaca, menulis, dan mencari informasi yang tepat. Kemampuan ini sangat penting dimiliki individu dan harus ditingkatkan untuk mencapai masa depan yang lebih optimal.

Pemanfaatan website untuk optimalisasi literasi digital peserta didik SMP Negeri 3 Payakumbuh ini adalah menyediakan sebuah web yang bisa diakses peserta didik untuk dibaca dan mencari informasi yang disediakan serta tempat peserta didik untuk menampilkan karya tulis mereka dalam bentuk puisi, cerpen, artikel, dll.

Setiap minggu guru Bahasa Indonesia (Tim Literasi) akan memposting bacaan berupa teks informasi atau teks sastra yang dilengkapi dengan pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik melalui form yang disediakan di bawah bahan bacaan. Tim Literasi ini akan memeriksa jawaban peserta didik dan mengingatkan peserta didik untuk membaca dan menjawab pertanyaan yang disajikan.

Kegiatan membaca dan menulis jawaban ini dilakukan secara rutin setiap minggu. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik dan kemampuan mengolah informasi yang disajikan di dalam bacaan tersebut.

Website Literasi Digital bida diakses melalui link: https://sgabusi.blogspot.com/

Kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan kembali oleh guru Bahasa Indonesia di kelas yang diampunya atau dibantu oleh anggota Tim Literasi lainnya.

Kegiatan Sosialisi Program di Perpustakaan SMP Negeri 3 Payakumbuhuntuk kelas 76 juga dilakukan hari ini oleh tim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *