Tutorial Google Classroom

Sejarah

Google Classroom diumumkan pada 6 Mei 2014, dengan pratinjau tersedia untuk beberapa anggota program Google G Suite for Education. Ini dirilis secara publik pada 12 Agustus 2014. Pada 2015 Google mengumumkan API Kelas dan tombol berbagi untuk situs web, yang memungkinkan administrator sekolah dan pengembang untuk lebih terlibat dengan Google Kelas. Juga di 2015, Google mengintegrasikan Google Kalender ke dalam Kelas untuk penugasan tenggat waktu, kunjungan lapangan, dan pembicara kelas. Pada tahun 2017, Google membuka Kelas untuk memungkinkan pengguna Google pribadi untuk bergabung dengan kelas tanpa persyaratan memiliki akun Google Apps for Education, dan pada bulan April tahun yang sama, menjadi mungkin bagi setiap pengguna Google pribadi untuk membuat dan mengajar kelas.

Pada tahun 2018, Google mengumumkan penyegaran ruang kelas, menambahkan bagian pekerjaan kelas, meningkatkan antarmuka penilaian, memungkinkan penggunaan kembali pekerjaan kelas dari kelas lain, dan menambahkan fitur bagi guru untuk mengatur konten berdasarkan topik.

Pada tahun 2019, Google memperkenalkan 78 tema bergambar baru dan opsi untuk menarik dan melepaskan topik dan tugas di bagian pekerjaan kelas.

Fitur

Google Classroom mengikat Google Drive, Google Docs, Sheets and Slides, dan Gmail bersama-sama untuk membantu lembaga pendidikan beralih ke sistem tanpa kertas. Google Kalender kemudian diintegrasikan untuk membantu menentukan tanggal jatuh tempo, kunjungan lapangan, dan pembicara kelas. Siswa dapat diundang ke ruang kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di antarmuka pengguna siswa atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas yang dibuat dengan Google Classroom membuat folder terpisah di Google Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh seorang guru.

Penugasan

Penugasan disimpan dan dinilai pada rangkaian aplikasi produktivitas Google yang memungkinkan kolaborasi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa. Alih-alih berbagi dokumen yang berada di Google Drive siswa dengan guru, file di-host di Drive siswa dan kemudian dikirim untuk dinilai. Guru dapat memilih file yang kemudian dapat diperlakukan sebagai templat sehingga setiap siswa dapat mengedit salinan mereka sendiri dan kemudian kembali untuk nilai alih-alih membiarkan semua siswa melihat, menyalin, atau mengedit dokumen yang sama. Siswa juga dapat memilih untuk melampirkan dokumen tambahan dari Drive mereka ke tugas.

Penilaian

Google Classroom mendukung banyak skema penilaian yang berbeda. Guru memiliki opsi untuk melampirkan file ke tugas yang dapat dilihat siswa, diedit, atau mendapatkan salinan individu. Siswa dapat membuat file dan kemudian melampirkannya ke tugas jika salinan file tidak dibuat oleh guru. Guru memiliki opsi untuk memantau kemajuan setiap siswa pada tugas di mana mereka dapat membuat komentar dan mengedit. Tugas yang diubah dapat dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar untuk memungkinkan siswa merevisi tugas dan dikembalikan. Setelah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali guru mengembalikan tugas.

Komunikasi

Pengumuman dapat diposting oleh guru ke pengumuman kelas yang dapat dikomentari oleh siswa yang memungkinkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Siswa juga dapat memposting ke pengumuman kelas tetapi tidak akan setinggi prioritas sebagai pengumuman oleh guru dan dapat dimoderasi. Berbagai jenis media dari produk Google seperti video YouTube dan file Google Drive dapat dilampirkan ke pengumuman dan pos untuk berbagi konten. Gmail juga menyediakan opsi email bagi guru untuk mengirim email ke satu atau lebih siswa di antarmuka Google Classroom. Kelas dapat diakses di web atau melalui aplikasi seluler Kelas Android dan iOS.

Laporan Orisinalitas

Laporan orisinalitas diperkenalkan pada Januari 2020. Ini memungkinkan pendidik dan siswa untuk melihat bagian dan bagian dari karya yang diajukan yang berisi kata-kata yang persis atau mirip dengan yang dari sumber lain. Untuk siswa, ini menyoroti bahan sumber dan tanda kutip yang hilang untuk membantu siswa dalam meningkatkan tulisan mereka. Guru juga dapat melihat laporan orisinalitas, memungkinkan mereka untuk memverifikasi integritas akademik dari karya siswa yang disampaikan. Di G Suite for Education (gratis), guru dapat mengaktifkan laporan orisinalitas untuk 3 tugas. Pembatasan ini dicabut pada G Suite Enterprise for Education (berbayar).

Kursus arsip

Ruang Kelas memungkinkan instruktur untuk mengarsipkan kursus pada akhir semester atau tahun. Ketika sebuah kursus diarsipkan, itu dihapus dari beranda dan ditempatkan di area Kelas Arsip untuk membantu para guru mengatur kelas mereka saat ini. Ketika sebuah kursus diarsipkan, para guru dan siswa dapat melihatnya, tetapi tidak akan dapat mengubahnya sebelum dipulihkan.

Aplikasi seluler

Ap;likasi Cellular Google Classroom, diperkenalkan pada Januari 2015, tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkannya ke tugas mereka, berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses offline.

Privasi

Berbeda dengan layanan konsumen Google, Google Classroom, sebagai bagian dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk siswa, dosen, dan guru, dan data pengguna tidak dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.

Penerimaan

eLearningIndustry menguji dan membuat ulasan tentang Google Classroom, di mana mereka menyoroti banyak aspek positif dan negatif. Di antara kekuatan Kelas, ulasan tersebut menyoroti kemudahan penggunaan, aksesibilitas perangkat universal, penggunaan Google Drive sebagai cara yang efektif bagi guru untuk berbagi tugas dengan siswa dengan cepat, proses tanpa kertas yang berarti akhir pencetakan, pembagian, dan berpotensi kehilangan pekerjaan, dan sistem umpan balik cepat antara siswa dan guru. Di antara kelemahan Classroom, ulasan ini menyoroti integrasi layanan Google yang berat pada aplikasi dan layanan dengan dukungan terbatas atau tanpa file atau layanan eksternal, kurangnya kuis dan pengujian otomatis, dan kurangnya percakapan langsung yang dapat membantu dalam upaya umpan balik.

Cara membuat kelas belajar

Terdapat 4 cara untuk membuat kelas: 

  • Pertama, buka alamat: https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi atau akun Google Suite For Education dari Institusi pendidikan atau lembaga atau sekolah.
  • Kedua, cara untuk penggunaan dari perangkat seluler, unduh dan pasang aplikasi Google Classroom, lalu masuk menggunakan akun Google.
  • Ketiga, setelah masuk, klik ikon (+) di pojok kanan atas, lalu pilih “create class”.
  • Keempat, setelah mencentang persetujuan, beri nama kelas (wajib), bagian, subyek/pelajaran hingga ruangan. Lalu tekan tombol “create”. Sekarang, kelas online sudah tersedia.
Undang siswa untuk belajar

Ada dua cara yang dapat dipilih dalam mengundang siswa:

  • Pertama, menggunakan kode kelas. Kode kelas terdapat di bawah judul atau nama kelas, berupa kombinasi angka dan huruf. Kode kelas ini kemudian diberikan kepada peserta pembelajaran. Dapat melalui pesan WhatsApp atau dijadikan status atau postingan di media sosial. Peserta yang menerima kode kelas, memasukkan kode tersebut pada dashboard Google Classroom sehingga tergabung dengan kelas. Cara ini efektif digunakan apabila pengajar tidak tahu alamat email peserta pembelajaran.
  • Kedua, mengirim undangan lewat email. Cara ini, yaitu agar peserta bisa tergabung di kelas adalah dengan mengirim undangan lewat email. Untuk itu, pengajar harus tahu alamat email masing-masing peserta pembelajaran. Caranya, pilih halaman “People atau Anggota” di bagian atas dashboard. Setelah itu, muncul jendela berisi dua opsi: mengundang orang lain sebagai “Teachers atau Guru” atau sebagai “Students atau Siswa”.
Menggunakan ruang kelas

Google Classroom terdiri dari 4 bagian: Stream (Forum), Classwork (Tugas Kelas), People (Anggota), dan Grades (Nilai):

  • Forum atau Stream adalah halaman aktivitas yang menampilkan Pengumuman, Pertanyaan (diskusi), Materi (Bahan Pengajaran) dan Tugas yang diberikan guru. Di halaman ini, guru dan siswa bisa langsung saling berinteraksi. Sayangnya, karena ini terintegrasi dengan email, setiap interaksi (meskipun hanya komentar) mendapat notifikasi email. Jadi semakin banyak yang komentar, juga banyak menerima email pemberitahuan.
  • Classwork (Tugas Kelas) adalah halaman yang digunakan untuk membuat tugas atau membuat materi pengajaran. Sedangkan Grades atau Nilai adalah halaman untuk mengatur penilaian dari setiap tugas yang diberikan.
Cara membuat tugas kelas

Terdapat 6 cara untuk membuat kelas:

  • pertama, buka halaman Classworks atau Tugas Kelas, lalu klik “create atau buat”.
  • kedua, pilih jenis tugas atau materi.
  • ketiga, isi judul dan deskripsinya. Bila ada tambahan file, pilih “Tambahkan atau Add” atau buat sendiri tambahan file-nya.
  • Keempat, di sisi kanan, pilih penerima tugas atau materi yang diberikan, nilai hingga batas waktu pengumpulan tugasnya.
  • Kelima, jika memilih materi dan tidak ada kolom nilai dan batas waktu, hanya ada pilihan menu penerima materi dan topik.
  • Keenam, setelah selesai, pilih tombol “Posting atau Assign” di pojok kanan atas. Dapat juga menjadwalkan atau menyimpan tugas sebagai draft.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas#Penugasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/smpnpay1/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275